Berita Artis Nagaswara

Berita Artis Nagaswara Terkini, Terupdate dan Terbaru Hari Ini

Baby Shima Rilis Single Bajidoran

Senin, 02 Okt 2023 13:00 WIB
Baby Shima Rilis Single Bajidoran

Penyanyi cantik asal Malaysia yang bernaung di bawah payung NAGASWARA, Baby Shima, kembali hadir merilis single terbaru berjudul “Bajidoran“. Uniknya, lewat single tersebut. Shima Meramu lirik bahasa Indonesia, bahasa Sunda. Ada juga bahasa Melayu kedalam lagu barunya itu.

Lagu “Bajidoran” merupakan ciptaan Cucun Z & Baby Shima dengan konsep musik, mixing dan mastering dilakukan oleh Tatan Boy terasa menyatu antara musik yang kental akan unsur rempak gendangnya. Lirik lagu ini mengajak khalayak ramai untuk berjoget asik atau menari bersama Bajidoran. Jadi, siapa pun itu baik tua maupun muda diajak menari dan bergembira bersama dengan lagu dan musik Bajidoran.

Menurut Shima, memang singlenya itu mengambil tema terkait Bajidoran atau penonton yang ikut menari dalam pertunjukan Kliningan Bajidoran. Bajidoran termasuk jenis kesenian rakyat Sunda yang dihadirkan untuk melengkapi tarian gemulai seorang ronggeng.

“Ya, Shima yang sebelumnya telah membawakan lagu berbahasa Jawa seperti ‘Jaran Ucul’. ‘Mbalik Kucing’. Kali ini lewat single terbaru Shima mencoba membawakan lagu Sunda, namun agar semuanya dapat menikmati maka liriknya diramu ke dalam bahasa Indonesia, Sunda, dan sedikit ada bahasa Melayunya,” sebut Baby Shima.

Ditambahkan Shima bahwa ia sendiri sebenarnya pernah menyanyi dengan lagu-lagu berbahasa Sunda lewat cover seperti single “Runtah”, “Mawar Bodas”, dan lain-lain.

Bawakan Lagu Berbahasa Sunda

Membawakan lagu-lagu berbahasa daerah terutama lagu Sunda menurut Baby Shima tidak ada kendala yang berarti, semuanya bisa dijalankannya dengan baik. Namun diakui Shima bahwa dalam menyanyikan lagu-lagu berbahasa daerah baik Jawa maupun lagu Sunda bait-demi baitnya ia harus pelajari dan dengarkan dahulu dengan baik, supaya ketika menyanyikannya dapat berjalan lancar.

Baca Juga:  Ligea Rilis Single "Kecil Kecil Cabe Rawit"

“Alhamdulillah sih tidak ada kendala, cuma buat pertama kali nyanyi lagu-lagu baik Jawa maupun Sunda, Shima harus dengar dulu setiap bait-bait liriknya. Seperti lagu terbaru Shima ini, ya Shima dengarkan asli dari orang Sunda yang menyanyikannya biar sama bunyinya jika Shima menyanyikannya. Tapi, lama-lama jadi terbiasa dan suka,” kata penyanyi cantik yang saat ini sedang sibuk dengan berbagai kegiatan off air dan syuting itu.

Video Klip Bajidoran

Video klip single “Bajidoran” telah rampung digarap dan dikonsep sendiri oleh Baby Shima.
Kostum di video klip ini Shima terlihat cantik dan anggun lewat balutan kebaya yang dikenakannya. Walaupun konsep video klip ini menurut Shima dibuat simple namun terasa related dengan konsep musik dan lagunya. Adapun lokasi syuting dilakukan di daerah Lembang, Jawa Barat.

“Saat ini video klipnya dapat di tonton di channel YouTube NAGASWARA Official dan lagu-lagunya juga dapat di dengarkan di seluruh stasiun radio se-Indonesia serta di aplikasi-aplikasi platform digital musik,” ucap penyanyi kelahiran Permas Jaya, Johor Bahru, Malaysia itu.

Bersama NAGASWARA, Baby Shima sudah banyak merilis lagu. Salah satu lagu duetnya bersama komedian Sule berjudul “Terpisah Jarak Dan Waktu” bahkan sempat viral. Terakhir Shima merilis single “Sejenak Sendiri” pada bulan November 2022 yang lalu.

Meski berasal dari Malaysia, Baby Shima sangat dekat dengan Indonesia. Kiprah dan karir menyanyinya juga banyak dijalani di Indonesia. Tak salah jika kemudian rekan duet Sule di single terpisah “Jarak Dan Waktu” itu akrab dengan beberapa bahasa daerah di Indonesia. Siapa mengira, Shima memang bercita-cita menyanyikan lagu-lagu berbagai bahasa daerah di Indonesia?

Tentu saja, ia mengaku tidak mudah melafalkan setiap kata dalam bahasa daerah di Indonesia. Namun semua itu dapat ia lalui dengan baik, selain lagu-lagu berbahasa Jawa, Sunda, Shima pun menyukai lagu-lagu seperti dari Nusa Tenggara, Papua, dan lain-lainnya.

Baca Juga:  Inas Hafizhah Rilis Single "¼ Abad"
Baby Shima Tertantang

Oleh karenanya, Shima tertantang untuk belajar bahasa-bahasa daerah di Indonesia. Setidaknya, sudah dua kali ia membuat lagu dengan lirik bahasa Jawa. Kini lagu Sunda dengan lirik bahasa yang diramu dengan pertimbangan agar semua orang dapat menikmatinya.

Lantas apakah dengan demikian Shima sudah pandai berbahasa Jawa, Sunda, atau bahasa-bahasa daerah lainnya?

“Fasih berbahasa daerah yang ada di Indonesia sih belum. Tapi, Shima paham apa yang orang lain katakan, misal dengan bahasa Jawa ataupun Sunda, Tapi saat mau cakap balik susah. Jadi harapan Shima semoga single terbaru Shima ini “Bajidoran” dapat sambutan yang luar biasa terutama dari masyarakat Sunda dan umumnya dari para pecinta musik Indonesia di manapun berada. Aamiin,” tutup penyanyi yang juga dikenal sebagai “Ratu SMULE” ini. (PR)

 

Mau tau berita lainnya, klik di sini

Baca juga beritanya di diberitain.com

Share :

Leave a Reply