Cikini Gondangdia Jadi Viral Gara Gara TikTok
TikTok merupakan media sosial (medsos) yang unik. TikTok adalah platform medsos pertama yang menggabungkan banyak karateristik medsos lain dalam satu aplikasi. Hal ini sekaligus membuat TikTok menjadi hawa baru untuk dunia sosmed di masa modern. Secara perlahan TikTok mengubah cara kita ber-sosmed guna mencapai sesuatu, termasuk dalam dunia musik. Misalnya, banyak lagu NAGASWARA yang viral lewat TikTok, di antaranya lagu “Aca Aca Nehi Nehi” (Dadido) dan terakhir “Cikini Gondangdia” (Duo Anggrek).
Sekali lagi, ini membuktikan bahwa TikTok masih menjadi kiblat pegguna gadget masyarakat dunia, terutama Indonesia yang juga lading “pengkonsumsi” apliaksi asal China itu.
Trigger musik yang viral di TikTok, biasanya bermula dari publik figur atau para influencer yang ikut menirukan bernyanyii dengan gaya gerak tubuh. Biasanya secara otomatis, video postingan dari publik figur dan influencer ikut berkembang biak lewat kekuatan follower mereka.
Akhirnya, masyarakat awam penikmat TikTok yang latah menjadi sasaran empuk. Paradigma masyarakat terhadap aplikasi TikTok sudah tak bisa terbendung. Karena video pendek di TikTok dianggap sebagai hiburan alternatif masyarakat tanpa harus mengeluarkan ongkos.
TikTok secara tidak langsung memberikan jawaban tentang “Apa yang harus kita tonton. Lewat cara yang sama TikTok juga membantu kita menjawab “Apa yang harus kita posting” ketika sedang memainkannya. Hal ini menyebabkan tak akan ada habis-habisnya konten yang ada di TikTok karena hal itu akan saling berhubungan sampai tidak ada ujungnya.
Sebagai platform pembuat video kreatif, TikTok memiliki sepaket fitur komplit yang membuat pengguna merasa mudah ketika TikTokan. Pengguna bisa menggunakan fitur editing yang dilengkapi dengan filter-filter lucu. Selain itu, di TikTok juga ada kumpulan musik-musik yang sedang populer untuk mendukung pembuatan konten di TikTok.
Saya melihat single “Cikini Gondangdia” ciptaan Jaya Shalwa dan Yogi RPH di bawah naungan NAGASWARA, enak di telinga dan visual video klipnya juga menarik. Ditambah ada pesan moril positip bergaya pantun pada lirik single yang disampaikan ke masyarakat.
Hal di atas menjadi catatan kenapa lagu tersebut mendadak viral di TikTok padahal sudah diperkenalkan sejak tahun 2015 yang lalu. Sekarang kita lihat saja apakah virus ini mampu menghipnotis ratusan juta user TikTok di dunia?
Salam No Music No Life!
RK
Mau tau berita lain, klik di sini